Tuesday, July 7, 2015

Ketika Membayar Hutang Tidak Didahulukan

Pernah punya pengalaman dihutangi sangat lama, lalu si pemilik hutang pura-pura lupa dengan kewajibannya?

Saat ini saya sedang sangat gondok. Eh, sudah dari dulu sih gondoknya. Seseorang berhutang jutaan sejak 2013, tapi hingga pertengahan 2015 ini, sepeserpun pelunasannya tidak dicicil. Okelah, jika dia memang sangaaat kekurangan. Tapi... Coba tebak. Dia bisa membeli beragam barang yang termasuk kategori kebutuhan tersier. Bisa beli motor baru meski kredit, mesin cuci yang front load, bisa rutin ke klinik kecantikan.

Saya saja cuma pakai krim wajah yang bisa dibeli bebas di pasaran. Motor juga motor tua. Kok hidupnya bisa lebih mewah dibandingkan saya yang punya piutang. Dia berhutang banyak, tapi tidak ada kesadaran membayar. Jika ditagih, lagaknya seperti orang kekurangan. Meminta saya pengertian dengan kondisi keuangannya. Dan dikira saya bodoh, kalau kondisi keuangan sedang buruk, kenapa bisa belanja banyak barang?

Entahlah, mungkin Tuhan mengabulkan 'doa' dalam ucapannya. Kondisi keuangannya saat ini benar-benar anjlok. Suaminya tak menerima gaji selama beberapa bulan. Dia sudah mengajukan pinjaman lagi ke pihak lain. Ke saya, mana berani dia meminjam lagi.

Mungkin terlihat kejam, saya mensyukuri kondisinya yang sekarang. Ini mungkin puncak kekesalan saya. Saya yang punya kebutuhan mendesak sampai berkorban karena uang saya banyak tertahan di dia. Saya tidak bisa lagi berbaik-baik dengan dia. Biar dia rasakan bagaimana kondisinya. Biar dia sadar, bahwa hutang itu wajib dilunasi.

Jika ada uang lebih, bayarlah hutang terlebih dahulu, baru digunakan untuk foya-foya. Bukan malah kebalikan. Foya-foya dahulu, hutang dilupakan. Akhirnya ya begitu, hasil foya-foya bukannya berkah, malah jadi musibah. Semoga kita semua terhindar dari perilaku senang menunda membayar hutang seperti itu.

2 comments:

  1. Halo Ibu dan Bapak

    Apakah Anda mencari pinjaman? , baik untuk bisnis atau untuk pelaksanaan peluncuran proyek, baik untuk membeli Anda apartemen atau membayar utang. Saya seorang pemberi pinjaman pribadi yang menawarkan jasa saya pinjaman antara individu swasta di bidang-bidang berikut:

    - PINJAMAN PRIBADI
    - REAL ESTATE LOAN
    - PINJAMAN HIPOTEK
    - AUTO LOAN
    - PINJAMAN REDEMPTION OF DEBT
    - PINJAMAN MODAL KENAIKAN
    - PINJAMAN LAIN

    Tingkat bunga kami adalah 2%, Anda dapat menghubungi kami melalui email: mariamsuleimanloanfirm@gmail.com untuk pinjaman Anda hari ini.

    Ibu Mariam.

    ReplyDelete

Jangan lupa tinggalkan jejak dengan memberikan komentar... :)